Ladika Zuhrotul Wardi Laksanakan Sidang Tesis di Program S2 Pendidikan Sains dengan Pengembangan Modul Ajar Fisika Berbasis Kasus

Surabaya — Ladika Zuhrotul Wardi, mahasiswa Program Magister Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya, melaksanakan ujian tesis pada 13 Januari 2025. Dalam ujian tersebut, ia mempresentasikan penelitiannya yang berjudul "Pengembangan Modul Ajar Fisika Berbasis Kasus Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Radioaktivitas."
Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Wasis, M.Si. dan Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si., serta diuji oleh Prof. Dr. Eko Hariyono, M.Pd., Prof. Dr. Munasir, M.Si., dan Dr. Titin Sunarti, M.Si. Dalam tesisnya, Ladika merancang sebuah modul ajar inovatif yang menggabungkan pendekatan berbasis kasus dengan pemanfaatan teknologi digital melalui Google Sites. Modul ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik, terutama pada materi radioaktivitas yang dianggap kompleks namun sangat relevan dengan kehidupan nyata.
Melalui pendekatan berbasis kasus, peserta didik diajak untuk menganalisis situasi nyata yang berkaitan dengan radioaktivitas dan dampaknya dalam kehidupan. Google Sites digunakan sebagai media bantu interaktif yang mendukung pembelajaran fleksibel dan menarik. Penelitian ini dinilai relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan integrasi teknologi.
Ladika berharap penelitiannya dapat menjadi contoh awal bagi guru dan peneliti lain untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih kreatif dengan menggabungkan kasus nyata dan teknologi digital. Ia juga menekankan pentingnya membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah sains yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. “Melalui materi radioaktivitas, saya ingin peserta didik tidak hanya memahami konsep, tetapi juga lebih sadar dan bijak menyikapi perkembangan teknologi nuklir di masa depan,” ujar Ladika.